Workshop Membuat Konten untuk Media Lokal

 

Sabine Torres saat memberi pelatihan di Denpasar, Bali

Sabine Torres saat memberi pelatihan di Denpasar, Bali (kabarnusa.com)

Media siber atau online terus bermunculan di berbagai daerah. Di wilayah Malang Raya, dalam tiga tahun terakhir ini juga menunjukkan geliat yang signifikan. Hasil survei Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang pada pertengahan tahun 2015 lalu, ada empat perusahaan media online yang telah berbadan hukum berbentuk Perseroan Terbatas.

Media online di daerah harus terus berkembang meski dengan segala keterbatasan seperti minimnya SDM dan teknologi. Kerja keras media online di daerah selama inu juga tetap patut diapresiasi.  Sebab telah berperan penting memperluas atau menyebarkan konten berita lokal baik tulisan, foto, maupun video. AJI mendukung perkembangan media online di wilayah Malang agar terus menghasilkan konten berita berkualitas, tidak melanggar etika.

Karena itu, AJI Indonesia melalui Independen.id bersama AJI Malang bakal menggelar pelatihan membangun media online. Mulai dari Manajemen Konten, Distribusi, Bisnis dan Kolaborasi Media online local. Malang dipilih sebagai rangkaian pelatihan yang sebelumnya telah dilaksanakan di sejumlah daerah.

Training di Malang ini bakal digelar pada 8-9 Agustus dengan dukungan Development and Peace (D&P) dan CFI France. Salah satu trainer di pelatihan ini akan menghadirkan Sabine Torres, pendiri dan Direktur Dijonscpoe.com France.

Melalui pelatihan, media lokal di Malang berkesempatan untuk belajar dan sharing bersama agar mampu bertahan ditengah persaingan korporasi besar.  Serta mendorong pengelolaan media lokal yang lebih profesional baik itu secara konten dan  bisnis. Program ini juga diharapkan bisa menghasilkan kolaborasi antara media online lokal dengan Independen.id sebuah media aggregator plus yang tengah dibangun AJI saat ini.

Workshop Membuat Konten bagi Media Online Lokal di Malang ini berdurasi dua hari dengan peserta sebanyak 15 – 18 orang pelaku media online. Baik itu dari Malang dan daerah sekitarnya. Di bawah ini adalah jadwal workshop pada 8-9 Agustus nanti.

 

– First Day

08.30 – 09.30  Registration

09.30 – 10.00  Introduction

10.00 – 12.00  How to define news topic for online media which is suitable with trending topic

12.00 – 13.00  ISHOMA

13.00 – 15.00 How to covering for online media recently (Intro)

15.00 – 15.30 Coffee break

15.30 – 17.00  How to covering for online media recently (practice: report to the field)

 

Second Day

09.00 – 09.30  Review

09.30 – 12.00  How to create multiplatform journalistic work which is SEO friendly (including article,

photo, and video)

12.00 – 13.00  ISHOMA

13.00 – 15.00 How to do sharing content through social media to leverage the networks

15.00 – 15.30 Coffee break

15.30 – 17.00  Wrap up, Closing and remark

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *