6 Aplikasi Android Untuk Jurnalis

foto-5-aplikasi-android-ini-bisa-hasilkan-foto-raw

Ilustrasi

Di jaman ini, ponsel pintar merupakan perangkat yang tak bisa dipisahkan dalam hidup. Kegunaannya, tak melulu untuk mengirim pesan atau menelepon saja. Ponsel pintar juga mendukung aktivitas seluruh kelompok profesi, salah satunya adalah kelompok Jurnalis.

Ya, ditangan para jurnalis atau wartawan, fungsi ponsel pintar atau smartphone menjadi sangat luas. Ponsel pintar bahkan cenderung menjadi kebutuhan utama mereka dalam bekerja. Misalnya, berkomunikasi dengan narasumber, menyimpan rekaman video atau audio, serta menulis atau mengirim berita.

Selain itu, jurnalis juga sudah mulai meninggalkan kamera dengan beralih mengandalkan kemampuan fotografi kamera ponsel yang hasilnya tak kalah cantik dengan kamera manual.
Pertanyaan berikutnya, apa saja aplikasi yang cocok bagi wartawan ?

Dari ribuan aplikasi di Play Store, berikut list pilihan saya yang dapat menunjang para wartawan dalam menyediakan berita. Aplikasi ini juga gratis, dan tak terlalu banyak iklan.

1. Fast Notepad
Fast Notepad merupakan aplikasi untuk mencatat, atau membuat tulisan. Aplikasi ini sangat ringan dengan ukuran 351 Kb, serta sudah dilengkapi dengan tombol share file ke email. Aplikasi ini juga otomatis menyesuaikan judul, dan tubuh berita sehingga pengguna tak perlu capek membuat subjek email. Kekurangannya, aplikasi ini tidak dilengkapi dengan tombol undo dan redo.

2. Smart Voice Recorder
Aplikasi ini berfungsi untuk merekam obrolan narasumber. Fungsinya sama seperti audio recorder, dan salah satu kelebihannya adalah file aplikasi ini ringan namun mampu menghasilkan suara yang jernih. Aplikasi ini juga mampu merekam obrolan panjang hingga berjam-jam.

3. Photo Editor
Aplikasi ini berfungsi untuk mengedit ukuran, dan mencrop sebuah foto jurnalis. Aplikasi ini juga menyediakan cara sederhana, serta cepat untuk mengatur kecerahan, kontras, saturasi, dan fokus dalam sebuah foto. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah ukuran filenya yang ringan.

4. Evernote
Aplikasi mobile ini memiliki fitur yang cukup lengkap, dan pengguna dapat menjadikannya sebagai buku diary, menyimpan foto, serta rekaman audio. Terkoneksi dengan PC, juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi ini.
Seringkali pula, aplikasi ini menjadi sebuah aplikasi wajib yang dibawa wartawan pemula agar kinerja mereka terarahkan oleh para redaktur.
Keunggulan lain aplikasi ini adalah ukurannya yang kecil karena menyesuaikan tipe ponsel anda.

5. Call Recorder
Aplikasi mobile ini berfungsi untuk merekam percakapan dalam telepon. Nah, bagi jurnalis yang senang, atau terpaksa melakukan wawancara via telepon, aplikasi berukuran 3,2 megabytes ini penting diinstal. Daripada mencatat terlalu banyak, lebih baik direkam dalam bentuk audio.

6. Google Maps
Yap, aplikasi ini boleh penting  bagi para jurnalis, terutama bagi mereka yang tak paham peta kota. Cukup membuka google maps, lalu menyalakan GPS, tujuan liputan anda mudah diketahui. Cantik kan 🙂

Ditulis oleh Adrianus Adhi

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *