Puluhan Wartawan Siap Serbu Mapolresta Malang

Senin, 09 Mei 2011 12:35:46 WIB
Reporter : Yatimul Ainun

Malang (beritajatim.com) – Puluhan wartawan Malang Raya (Kota Malang/Batu Kabupaten Malang), siap bergerak melakukan aksi ke Mapolresta Malang, Senin (09/05/2011) siang.

Aksi tersebut dilakukan karena kasus yang menimpa 4 wartawan yang dipukuli oleh anggota polisi dari Polrestabes Surabaya, Sabtu (07/05/2011).

Empat wartawan tersebut diantaranya Lukaman Rozak (Tran7), Septa (Radio Elshinta), Joko Hermanto (TVRI), dan Oscar (News Tang Dinasty Television NDTV).

Pemukulan itu dilakukan saat melakukan peliputan yakni meliput unjukrasa massa Tionghoa dari sekte Fulan Dafa atau Fulan Gong di Taman Surya Balai Kota Surabaya.

Menurut salah satu koordinator aksi Abdi Pumono yang juga Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang. Aksi tersebut digelar sebagai solidaritas untuk kemerdekaan pers.

“Kami menilai tindakan pengeroyokan dan pemukulan oleh sejumlah polisi itu melanggar kemerdekaan pers yang dijamin dalam UU No 40/1999 tentang Pers,” katanya.

Selain itu aksi puluhan wartawan itu juga menuntut agar segera diusut tuntas atas insiden tersebut dan memberikan sanksi tegas kepada para pelaku yang terbukti melanggar kode etik profesi kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Hal itu sebagaimana termaktub dalam surat keputusan Kapolri No.Pol:Kep/32/VI/2003 tanggal 1 Juli 2003. Harus ditindak tegas pelakunya,” katanya.

Abdi menambahkan insiden tersebut sangat memprihatinkan sehingga sangat pantas diprotes dan di kecam. “Sanksi harus diberikan itu untuk membina anggota polisi demi menghormati perundang-undangan yang berlaku,” katanya. [ain/kun]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/8/Peristiwa/2011-05-09/100288/Puluhan_Wartawan_Siap_Serbu_Mapolresta_Malang

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *