Jasa Tirta I Didemo soal Liputan Xanana

Selasa, 14 Desember 2010 11:14 WIB

MALANG — Puluhan wartawan media cetak dan elektronik yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Malang Raya (AJMR) berunjuk rasa di depan Kantor Perum Jasa Tirta I (PJT I), Senin (13/12). AJMR meminta humas PJT I diganti karena selama ini terkesan alergi dengan wartawan. AJMR terdiri atas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang, Jurnalis Kanjuruhan Kabupaten Malang, Forum Wartawan Kota Malang, dan Forum Wartawan Kota Batu.

Unjuk rasa ini merupakan buntut kekecewaan awak wartawan terhadap tindakan PJT I saat kedatangan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, Jumat (10/12) silam. ’’Ada pembatasan media yang boleh meliput. Itu termasuk diskriminasi dan bisa memecah-belah solidaritas sesama wartawan. Tindakan ini juga menghambat kerja jurnalis yang menodai kemerdekaan pers sebagaimana diatur dalam UU No 40/ 1999 tentang Pers,” urai Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang Abdi Purmono yang biasa dipanggil Abel.

Dalam kunjungan Xanana di Kantor Perum Jasa Tirta I, dengan alasan ruangan terbatas, hanya lima wartawan ber-id card yang diperbolehkan meliput. Pengurusan id card juga tak transparan, sementara Kepala Humas Perum Jasa Tirta I dan Kasubag Media Biro Humas dan Protokoler Provinsi Jawa Timur saling lempar tanggung jawab atas hal ini. AJMR meminta direksi Jasa Tirta I mengganti pejabat humas karena tidak kompeten.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Eko Nurcahyo menambahkan, perlakuan diskriminatif dirasakan wartawan saat mengurus kartu identitas peliputan mulai di PJT I sampai di Kodim 0833 Kota Malang. ’’Jasa Tirta yang diharapkan bisa membantu malah bersikap tidak terbuka dan tidak kooperatif. Padahal, sehari sebelum Xanana datang, wartawan sudah baik-baik mendatangi kantor Jasa Tirta untuk mengurusnya, tapi kami dipingpong,” kata Eko. Pihak PJT I enggan menemui para wartawan yang berunjuk rasa. zar

http://surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=08148d97e8d8dbf212548b8a545ae0b3&jenis=1679091c5a880faf6fb5e6087eb1b2dc

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *