Wartawan Malang Kumpulkan Koin Cinta Buat Prita

Kamis, 10 Desember 2009 17:34:27 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara

Malang (beritajatim.com) – Sejumlah Wartawan di Malang Raya mengumpulkan koin cinta untuk disumbangkan kepada Prita Mulyasari terdakwa dalam kasus perdata dan pidana pencemaran nama baik� Rumah Sakit Omni Internsional, Serpong, Tangerang Selatan.

Pengumpulan uang receh (koin) ini dilakukan para jurnalis secara spontan ditengah kesibukannya mencari berita. “Namanya juga Spontanitas. Jadi beberapa teman wartawan masih banyak belum tahu aksi simpatik ini,” ungkap Abdi Purnomo, salah seorang koordinator aksi.

Menurut Abel, sapaan akrab Abdi Purnomo, yang menyumbang koin cinta di Malang Raya bukan hanya dari kalangan Jurnalis saja. Tapi beberapa warga yang kebetulan lewat dan tahu aksi simpatik ini, mereka memberikan uang receh buat Prita.

Tak hanya warga, beberapa pelajar yang kebetulan melintas sempat memberikan reaksinya dengan cara menyisihkan beberapa keeping uang receh. “Mudah-mudah kasus Bu Prita bisa segera selesai dan hukum di Indonesia, bisa menjadi lebih baik kedepannya,” ucap salah seorang siswa SMAN 1 Kota Malang saat ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Tak hanya pelajar, penggalangan koin cinta itu juga diberikan oleh beberapa tukang parker, penjual bakso dan para pedagang asongan. Rata-rata mereka memberikan lebih dari satu uang koin untuk disumbangkan kepada Prita Mulyasari.

Hingga sore hari, aksi simpati yang digalang rekan-rekan Wartawan Malang Raya, berhasil mengumpulkan Rp 500 ribu lebih uang receh. Rencananya, uang tersebut akan disumbangkan langsung kepada Prita Mulyasari, yang terlilit kasus pencemaran nama baik terhadap Rumah Sakit Omni Internasional, Serpong, Tangerang Selatan.

Prita divonis harus membayar denda sebanyak Rp 204 Juta oleh Pengadilan Tinggi Negeri Tangerang, kepada Rumah Sakit Omni Internasional.

Atas kejadian itu, reaksi pun terjadi di masyarakat. Beberapa elemen massa menuding Pengadilan Negeri Tinggi Tangerang, tidak bisa mencerna kasus tersebut. Buntutnya, aksi solidaritas penggalangan dana lewat koin uang receh pun terjadi diseluruh pelosok tanah air.[yog/ted]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php/4/Hukum_&_Kriminal/2009-12-10/51427/Wartawan_Malang__Kumpulkan_Koin_Cinta_Buat_Prita

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *