Pengumpulan Koin bagi Prita Masih Berlanjut di Malang

Jum’at, 11 Desember 2009 13:52 WIB

TEMPO Interaktif, Malang -Pengumpulan uang koin untuk Prita Mulyasari terus berlanjut di Malang, Jawa Timur. Aliansi Jurnalis Malang Raya mulai Rabu (9/12) hingga Jumat (11/12) pukul 12.00 berhasil mengumpulkan uang recehan sebanyak Rp 960.025.

“Tambahan uang koin yang terkumpul pada Jumat siang ini berjumlah Rp 452.025. Dari pengumpulan mulai Rabu dan Kamis kemarin terkumpul Rp 508.000,” kata Aminudin. Penyumbang terbanyak berasal dari warga Batu, dengan jumlah Rp 387.300.

Ketua Jurnalis Kanjuruhan, Cahyono menginformasikan pada Sabtu (12/12), organisasi Bantuan Serbaguna Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang juga akan menyerahkan sumbangan uang recehan. Beberapa elemen masyarakat juga mengonfirmasikan akan menyerahkan sumbangan serupa. Dengan demikian, jumlah sumbangan nantinya bisa melebihi Rp 1 juta.

“Penerimaan sumbangan akan ditutup Sabtu besok. Minggu sore wartawan yang kami tunjuk akan berangkat ke Jakarta untuk menyerahkan seluruh sumbangan,” kata Cahyono.

Yang menyumbang, lanjutnya, ternyata bukan hanya wartawan. Warga yang bersimpati terhadap nasib Prita beragam, diantaranya pelajar, juru parkir, penjual bakso, penjahit, dan pengamen. Uang recehan yang terkumpul tak hanya koin, tapi banyak juga yang menyumbangkan uang kertas dengan nominal pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu.

Prita Mulyasari adalah terdakwa perkara perdata dan perkara pidana dugaan pencemaran nama baik Rumah Sakit Omni International Alam Sutra, Serpong, Tangerang Selatan. Namun, kemarin gugatan perdata sudah dicabut pihak rumah sakit. Dalam perkara ini Prita dituntut membayar Rp 204 juta.

Diharapkan seluruh sumbangan nantinya dapat digunakan untuk kegiatan sosial, khususnya untuk membantu orang-orang kecil yang sering tak mendapat keadilan sebagaimana mestinya, seperti yang dialami Prita.

ABDI PURNOMO

http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2009/12/11/brk,20091211-213241,id.html

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *