Wartawan Malang Raya Demo KBI

Malang, 15 Mei 2009 13:52

Puluhan wartawan yang bertugas (liputan) di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu), Jatim, melakukan aksi demo solidaritas ke Kantor Bank Indonesia (KBI) setempat di Jalan Merdeka Utara.

Juru bicara wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI, AJI, jurnalis Kanjuruhan, dan forum wartawan Kota Malang, Eko Nurcahyo, Jumat, meminta agar Polres Jakarta Pusat bersungguh-sungguh menuntaskan kasus penganiayaan terhadap wartawan SCTV Carlos Pardede.

“Kami juga sangat menyesalkan aksi petugas satuan pengamanan gedung BI yang mempersulit para jurnalis yang sedang menjalankan profesi jurnalistiknya, dimana tindakan petugas itu melanggar pasal 4 ayat (3) Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” katanya menegaskan.

Dalam tuntutannya, puluhan jurnalis Malang Raya itu mengimbau para pimpinan BI di pusat dan daerah untuk membina seluruh personal satuan pengamanannya, agar menjadi petugas keamanan yang lebih profesional dan berperilaku santun.

Selain itu, juga meminta agar para jurnalis selalu bersikap terbuka dalam menerima kritikan, tetap menjaga kesantunan perilaku dan perkataan saat bertugas serta bekerja sesuai kode etik dan standar kerja jurnalistik.

Menanggapi tuntutan para jurnalis tersebut, pemimpin KBI Malang Ridho Hakim mengakui, pihaknya menyesalkan terjadinya peristiwa yang sangat tidak diharapkan.

Menurut dia, kejadian yang menimpa salah seorang wartawan Liputan 6 SCTV itu, bukan kesengajaan dan bukan pula sikap BI terhadap pers, karena BI selama ini sangat menghormati keberadaan pers sebagai mitra kerja.

“Kami senantiasa menghormati dan memberikan apresiasi serta menghargai tugas-tugas jurnalistik yang diemban para jurnalis. Kami juga berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan baik dan ke depan tidak akan terulang lagi,” katanya. [TMA, Ant]

http://www.gatra.com/versi_cetak.php?id=126088

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *