Kekerasan Pers Masih Menjadi Ancaman di Indonesia

04 Mei 2009 12:12:38 WIB
Reporter : Hari Istiawan

Malang – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang menyatakan kekerasan terhadap jurnalis masih menjadi ancaman di Indonesia tak terkecuali di Malang�Raya.

Abdi Purmono, Ketua Aji Malang mengatakan, ancaman kemerdekaan pers di Malang Raya masih menjadi kekhawatiran terbukti sepanjang 2009 ini, pelarangan liputan pernah terjadi di Kota Batu pada bulan Maret lalu, padahal kegiatan yang akan diliput tersebut merupakan kegiatan yang perlu diketahui publik.

“Pelarangan itu melanggar UU No. 40/1999 tentang Pers,” katanya, Senin (4/5/2009) saat melakukan aksi damai peringatan hari kemerdekaan pers se dunia.

Sementara itu, dalam laporan kebebasan Pers 2009 Aji Indonesia, sepanjang Mei 2008 hingga Mei 2009 terdapat 44 kasus kekerasan yang terjadi, baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal.

Karenanya, Aji Malang melalui momen World Press Fredom Day, menyerukan kepada siapa saja agar menghentikan segala bentuk tindak kekerasan terhadap jurnalis dan pers.

Selain itu, aliansi juga menyerukan kepada pers untuk terus menjaga dan meningkatkan profesionalismenya serta membangun solidaritas untuk menghadapi kekerasan dalam segala bentuk. [kun]

http://www.beritajatim.com/detailnews.php?kanal=8&article=Peristiwa&tgl=2009-05-04&newsid=33794

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *