Pekerja Pers Harus Diberi Imbalan Layak

MEDIA INDONESIA
Jumat, 01 Mei 2009 13:22 WIB

JAKARTA–MI: Ketua Serikat Pekerja Kantor Berita Antara Theo Yusuf MS mengatakan, pekerja pers harus diberi imbalan layak untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja itu sendiri maupun anggota keluarga yang dinafkahi.

“Khusus bagi karyawan di lingkungan pers. saya meminta agar mereka diberi pekerjaan dengan imbalan yang layak,” kata Theo di Jakarta, Jumat (1/5).

Dengan imbalan yang layak, ujarnya, iinsan media tersebut dapat hidup secara wajar serta mampu menyekolahkan putra-putrinya ke bangku sekolah setinggi-tingginya.

Selain itu, ujarnya, perusahaan pers harus membayar uang Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) sesuai dengan peraturan dan perunfdangan yang berlaku. “Masih banyak perusahaan pers yang tidak membayarkan iuran Jamsostek sesuai dengan UU. Mereka hanya membayar sesuai dengan gaji pokok pekerja,” kata Theo.

Ia juga menginginkan agar wartawan dapat bergabung ke salah satu organisasi pers seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) agar para insan media tersebut dapat terlindungi bila terjadi konflik antara pekerja dan manajemen.

Dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia yang jatuh 1 Mei, Theo menyikapinya dengan menyerukan agar berbagai pihak menghormati hak-hak pekerja. “Bebaskan mereka untuk membuat serikat pekerja di tempat kerja mereka masing-masing,” katanya. (Ant/OL-01)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/05/05/72490/92/14/Pekerja-Pers-Harus-Diberi-Imbalan-Layak

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *