AJI Jember: Upah Layak Jurnalis Rp 1,5 Juta

BERITA JATIM
Jumat, 01/05/2009 14:03 WIB

Reporter : A Wirawan

Jember – Aliansi Jurnalis Independen Jember menyatakan, upah yang diterima sebagian wartawan di Jember masih tidak layak, dan bahkan di bawah upah minimum kabupaten.

Ketua AJI jember Mahbub Djunaidy mengatakan, untuk media harian lokal, rata-rata gaji yang diterima sesuai dengan UMK Jember tahun 2009 sebesar Rp 770 ribu per bulan atau lebih sedikit.

“Sesuai estimasi AJI Jember, upah layak untuk jurnalis Jember sebesar Rp 1,5 juta per bulan,” kata Mahbub, yang juga bekerja sebagai wartawan Majalah Tempo ini, Jumat (1/5/2009).

Menurut AJI, pertumbuhan media massa di Jember terhitung cepat. Kantor Informasi dan Komunikasi Jember sempat mendata ada 200 orang wartawan, yang bekerja di media cetak, elektronik, online, regional, nasional, maupun lokal. Ada lebih 10 perusahaan media yang menerbitkan produknya secara berkala.

Mengingat kondisi jurnalis masih memprihatinkan, AJI Jember menuntut upah layak untuk para pemburu berita. AJI juga menyerukan kepada wartawan untuk membentuk serikat pekerja di masing-masing perusahaan media.

“Kami menuntut pekerja outsourcing dihapus dari perusahaan media. Jurnalis juga harus mendapat asuransi kesehatan dan tunjangan sesuai kebutuhan. Perusahaan media juga wajib memberikan perlindungan kepada jurnalisnya,” kata Mahbub. [wir]

http://www.beritajatim.com/?url=http://www.beritajatim.com/index.php/tahun/2009/bulan/05/tgl/01/idnews/d1762a0eb7b8fd9cdc541c5d69298e5a&newsid=67051

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *