Surat Kabar “Philadelphia” Bangkrut

KOMPAS, Selasa, 24 Februari 2009 00:43 WIB

Philadelphia, Minggu – Pemilik surat kabar The Philadelphia Inquirer dan Philadelphia Daily News mengajukan permohonan bangkrut, Minggu (22/2). Philadelphia Newspaper Inc, yang dimiliki oleh Philadelphia Media Holdings LLC, adalah perusahaan surat kabar kedua dalam dua hari terakhir dan keempat dalam beberapa bulan terakhir yang mengajukan bangkrut.

Permohonan bangkrut itu dilakukan sebagai upaya untuk merestrukturisasi utang. ”Restrukturisasi difokuskan hanya pada utang kami, bukan operasional. Operasi kami menguntungkan,” kata Brian P Tierney, CEO Philadelphia Media Holdings LLC.

Pengajuan bangkrut itu mengindikasikan perusahaan media itu memiliki aset senilai 100 juta dollar AS-500 juta dollar AS dan jaminan utang senilai kurang lebih sama. Dalam berita yang dimuat di situs internet, perusahaan itu memiliki utang 390 juta dollar AS.
Philadelphia Media Holdings LLC menyatakan akan tetap melanjutkan operasional surat kabar, majalah, dan bisnis online secara normal selama proses restrukturisasi utang.

”Dalam dua tahun terakhir, kami mengalami penurunan pemasukan secara dramatis, krisis ekonomi terburuk sejak Depresi Besar, dan struktur utang di luar realitas ekonomi saat ini,” kata Tierney.

Beruntun

Tahun lalu, perusahaan itu bisa meraup pendapatan hingga 36 juta dollar AS. Pendapatan itu diperkirakan menurun menjadi 25 juta dollar AS tahun 2009.

Kebangkrutan Philadelphia Media Holdings merupakan tamparan terbaru bagi bisnis surat kabar. Sebelumnya, The Journal Register Co mengajukan permohonan bangkrut, Sabtu (21/2).

Tribune Co yang berbasis di Chicago telah mengajukan bangkrut pada Desember 2008 dan The Star Tribune di Minneapolis mengajukan permohonan bangkrut pada bulan berikutnya.

Berdasarkan Biro Audit Sirkulasi, The Philadelphia Inquirer memiliki sirkulasi edisi hari kerja rata-rata 300.674 eksemplar per 30 September 2008. Jumlah itu turun 11 persen dari tahun sebelumnya. Untuk edisi hari Minggu, oplahnya mencapai 556.426 eksemplar, turun 14 persen dari tahun sebelumnya.

Dua surat kabar Philadelphia itu dibeli sekelompok investor yang dipimpin Tierney pada Juni 2006 seharga 562 juta dollar AS. (ap/fro)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/02/24/00434193/surat.kabar.philadelphia.bangkrut

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *