Terima Kasih, Dialog Publik tentang Penyiaran Berjalan Lancar

Kami, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang, sangat bersyukur karena acara dialog publik bertema “Penegakan Hukum dan Demokratisasi Penyiaran” berlangsung lancar, dinamis, demokratis, dan bersemangat. Inilah kegiatan pertama dalam hampir dua bulan usia Pengurus AJI Malang periode 2008-2011, sejak dibentuk pada 6 Desember 2008.

Acara dialog dikemas sederhana di University Inn, hotel mini kepunyaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu, 31 Januari 2009, mulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wib. Nasrullah, dosen Komunikasi UMM yang juga Dewan Pengurus Jaringan Nasional Pemantau Media, bertindak sebagai moderator.

Peserta berjumlah sekitar 150 orang atau 75 persen dari seluruh jumlah peserta yang ditargetkan. Jumlah ini sudah termasuk peserta tidak mengisi daftar hadir.

Asal peserta beragam, mewakili unsur pemerintah daerah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu), kepolisian (Kepolisian Wilayah Malang, Kepolisian Resor Kota Malang, Kepolisian Resor Malang), militer (Komandan Distrik Militer 0818/Wilayah Malang-Batu), beberapa pemimpin dan karyawan media penyiaran, Komisi Pemilihan Umum, Panitia Pengawas Pemilihan Umum, perwakilan dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, puluhan aktivis mahasiswa, para wartawan media cetak dan elektronik, serta organisasi wartawan, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Forum Wartawan Kota Malang, dan Forum Wartawan Kota Batu.
Termasuk ke dalam peserta wakil dari Balai Monitor Kelas II Surabaya.

Sedangkan seluruh narasumber hadir. Berdasarkan urutan nama, mereka:

1. Agus Sudibyo (peneliti media; Deputi Direktur Yayasan Sains Estetika dan Teknologi/SET, Jakarta)

2. Djoko Wahjono Tjahjo (owner Radio Elbayu, Gresik; Penasihat PRSSNI Jawa Timur)

3. Fajar Arifianto Isnugroho (Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah/KPID Jawa Timur)

4. Imawan Mashuri (Presiden Komisaris JTV, Ketua Umum Asosiasi Televisi Lokal Indonesia/ATVLI)

5. Rachmat Widayana, (Kepala Subdirektorat Analisa dan Evaluasi Frekuensi Radio, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi).

Acara dialog terselenggara juga berkat dukungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM, Pengurus Daerah PRSSNI Jawa Timur, dan Kantor Penjualan PT Garuda Indonesia.

Untuk itu, AJI Malang menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh narasumber, Bapak Budi Suprapto (Dekan Fisip UMM) dan Bapak Nasrullah; Bapak Lutfi Abdullah (Ketua PRSSNI Jawa Timur) dan Bapak Soetojo Soekomihardjo (pemilik Radio Suara Surabaya), serta Bapak Kemas Nomadiar dari Kantor Penjualan PT Garuda Indonesia.

Terima kasih pula kepada Saudara Eko Nurcahyo (Ketua PWI Malang Raya), Bapak Gatot Sulistiantoro Dewa Broto (Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Komunikasi dan Informatika) dan Bapak Basuki Yusuf Iskandar (Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi); serta kepada seluruh hadirin.

Mohon maaf untuk segala kekurangan kami dalam menyelenggarakan acara dialog publik tersebut.

Salam,

Heru Priyatmojo
Ketua Panitia

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *